Kamis, 08 Maret 2012

Kapal Dewa Ruci Raih Penghargaan


Dewa Ruci Raih Penghargaan di Prancis


Setelah melakukan pelayaran muhibah tujuh bulan dan singgah di 18 kota pelabuhan di 13 negara Asia, Afrika, dan Eropa, kapal latih Tentara Nasional Indonesia KRI Dewa Ruci telah tiba di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok Jakarta, Kamis (23/10). Selama pelayaran, KRI Dewa Ruci sempat meraih gelar "Kapal Paling Populer dan Paling Ramah" pada festival kapal layar tiang tinggi L'armada Rouen di Prancis.

Pelayaran KRI Dewa Ruci itu dikomandani oleh Letnan Kolonel Laut (P) Didin Zainal Abidin, diikuti 162 personel yang terdiri dari 75 anak Buah Kapal (ABK) KRI Dewa Ruci, 72 orang kadet AAL, 5 orang perwira pengasuh, dan 10 orang pendukung.


Upacara penyambutan di Dermaga Kolinlamil dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Bernard Kent Sondakh, dan bertindak sebagai komandan upacara Letnan Kolonel Laut (P) Daniel Majid.

Perjalanan panjang KRI Dewa Ruci yang dilepas keberangkatannya dari Jakarta oleh Presiden RI Megawati Soekarnoputri pada tanggal 2 April 2003 itu, menempuh jarak 21.363 mil laut. Pelayaran muhibah ini dalam rangka mengikuti Festival Kapal Layar Tiang Tinggi (Tall Ship) L'armada Rouen di Prancis, dan Delf Sail di Belanda tanggal 28 Juni hingga 14 Juli 2003 lalu. Selain itu, pelayaran itu juga untuk memperingati 50 tahun KRI Dewa Ruci di Hamburg, sekaligus melaksanakan latihan praktek Kartika Jala Krida (KJK) 2003 bagi kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III.

Rute yang ditempuh KRI Dewa Ruci selama pelayaran meliputi Surabaya, Jakarta, Sabang, Cochin (India), Port Raysut (Oman), Jeddeah (Suadi Arabia), Port Said (Mesir), Tunis (tunisia), Cadiz (Spanyol), Le Havre (Perancis), Rouen (Perancis), Delfijl (Belanda), Hamburg (Jerman), Rostock (Jerman), Rotterdam (Belanda), Malaga, Napoli (Italia), Alexandria (Mesir), Aden (Yaman), Karachi (Pakistan), Colombo (Srilangka), Belawan, Jakarta, dan berakhir di Surabaya.

Dalam laporannya pada KSAL Laksamana TNI Bernard Kent Sondakh, Letkol Laut (P) Didin menyampaikan keberhasilan KRI Dewa Ruci pada Festival L'armada Rouen di Perancis. "KRI Dewa Ruci beserta kadet AAL berhasil menarik simpati pengunjug sehingga meraih gelar "Kapal Paling Populer dan Paling Ramah di antara 32 kapal peserta," ucap Letkol Laut (P) Didin. Bahkan, lanjut Didin, sambutan hangat juga diperoleh saat mengikuti festival Delf Sail di Belanda yang diikuti 21 kapal peserta dari berbagai negara.

Didin juga mengatakan, tujuan dari pelayaran tersebut, selain meningkatkan persahabatan dan kerja sama dengan negara-negara peserta festival, pelayaran itu juga dimaksudkan untuk melaksanakan misi diplomasi, informasi, promosi parawisata dan budaya, juga untuk melaksanakan latihan praktek Kartika Jala Krida 2003 bagi kadet AAL tingkat III. Sasarannya, kata Didin, agar para kadet memhami profesi dasar matra laut di kapal yang meliputi semua peralatan dan prosedur pengoperasian.

Upacara penyambutan kedatangan KRI Dewa Ruci sendiri dihadiri oleh beberapa tamu undangan. Selain itu, upacara itu juga dimeriahkan oleh satu unit marching band Angkatan Laut dan paduan suara Fakultas Hukum Univesitas Trisakti, satu kompi Armabar, satu kompi Taruna Angkatan Laut, satu kompi Bintara Gabungan Lantamal II dan Kolinlamil, satu kompi marinir, satu kompi Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KPPP) dan Kesatuan Pengamanan Laut dan Pantai (KPLP) Bea Cukai, dan satu kompi Sekolah Pelayaran.


Sumber : Tempo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar